Sabtu, 09 Juni 2012

Home » » Pengertian Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing

pengertian cloud computing


Pengertian Cloud Computing - Komputasi awan atau Cloud Computing merupakan teknologi terkini dimana user dapat mengunakan produk / service dengan berbasis internet. Sebenarnya Cloud Computing / Komputasi Awan terdiri dari banyak pusat-pusat pengolahan datacenter yang terdiri dari perangkat kecil yang disusun sedemikian rupa dalam jumlah yang besar untuk diakses dengan teknologi internet.


Menurut NIST (National Institute of Standards and Technology), sebuah sistem dapat dikatakan Cloud Computing / Komputasi Awan bila memenuhi 5 karakteristik dibawah ini :
  1. Resource Pooling adalah sumber daya bisa berupa storage, CPU, memory, network bandwidth dsb yang disediakan oleh penyedia service untuk memenuhi kebutuhan pelanggan untuk digunakan secara bersama-sama oleh sejumlah user (multi-tenant).
  2. Broad Network Access atau Luas Jaringan Akses yang memungkinkan penguna service dapat mengakses melalui perangkat seperti smartphone, laptop, tablet, workstation, dsb.
  3. Measured Service merupakan layanan monitoring yang disediakan oleh provider service yang memungkinkan penguna service Cloud Computing / Komputasi Awan untuk memonitoring resources, seperti bandwidth, kapasitas, proses yang sedang berjalan, dsb.
  4. Rapid Elasticity yang berarti kapasitas layanan service dapat dinaikan atau diturunkan setiap saat dengan mudah dan bebas.
  5. Self Service, diharapkan penguna service dapat secara mandiri untuk mengkonfigurasi layanan  Cloud Computing / Komputasi Awan secara mandiri tanpa harus berinteraksi dengan pihak cloud provider.
Dari 5 Karakteristik diatas merupakan point penting dalam sistem Cloud Computing / Komputasi Awan jika ingin disebut sebagai layanan Cloud Computing.

Demikian yang dapat saya tulis mengenai pengertian Cloud Computing semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.



2 komentar:

  1. jurusan apa gan Komputer ya..?? salam kenal yaa saya mahasiswa juga ^_^ jurusan kompter ,salam blogger

    BalasHapus
  2. salam blogger juga mas, saya kebetulan jurusan teknik informatika.

    terima kasih sadah sudi berkunjung diblog saya ^_^

    BalasHapus