Jumat, 15 Juni 2012

Home » » Kelebihan dan Kekurangan Java Script

Kelebihan dan Kekurangan Java Script

kelebihan java script

Java Script - Pada artikel ini kamu bisa mengerti apa aja kelebihan dan kekurangan Java Script, seperti yang telah saya ulas pada artikel sebelumnya tentang pengertian java script. Java Script pada dasarnya merupakan bahasa gabungan (hydbrid) antara bahasa pemrograman dan bahasa kode (Scripting). 

Java Script mampu membuat halaman website menjadi lebih interaktif dan menarik dengan hanya sentuhan mudah saja. Namun dibalik itu bahasa Java Script juga memiliki kelebihan dan kekurangan diantaranya yang seperti saya kutip dari salah-satu buku terbitan Elex Media Komputindo, sebagai berikut :

Kelebihan Java Script


1. Mudah 
Bahasa Java Script merupakan bahasa yang mempunyai sedikit syntax dan semua perintah memakai bahasa inggris sederhana dan mudah untuk dihafalkan. 

2. Cepat 
Java Script tidak memerlukan kompilasi terlebih dahulu, kita bisa langsung dicoba pada browser, tanpa harus menunggu proses kompilasi. 

3. Ukuran Kecil 
Java Script memliki ukuran yang relatif kecil ketimbang bahasa pemrograman Java, Hal ini berguna sekali bagi yang mempunyai kapasitas server webiste yang kecil. 

4. Terbuka 
Java Script dapat berjalan pada berbagai platfrom, seperti Windonws, Unix, Linux Dll. 

Kekurangan Java Script


1. Tidak dapat disembunyikan 
Java Script tidak dapat disembunyikan layaknya Java, karena bahasa ini disisipkan pada dokumen HTML, siapa saja bisa meniru dan mengammbil skrip tersebut. 

2. Kemampuan Terbatas 
Java Script memang mudah namun dibalik kemudahan bahasa ini memiliki kemampuan yang terbatas, seperti membuat aplikasi sendiri. 

3. Objek terbatas 
Beda dengan bahasa pemrograman Java, Java Script hanya memiliki beberapa objek yang sudah bult-in, tidak seperti Java yang dapat menampung banyak objek-objek dan kelas. 

Kesimpulan kelebihan dan kekurangan java script

Dibalik kemudahan dan kecepatan Java Script juga menyimpan kekurangan seperti Skrip tidak dapat disembuyikan, jadi orang bisa saja meniru atau bahkan mengambil untuk kepentingan pribadi. Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan java script semoga bermanfaat untuk pembaca setia blog saya. 


1 komentar: